Knowledge Management: Overview

Strategic Knowledge Management merupakan mata kuliah yang saya dapat pada semester 3 ini. Secara umum, mata kuliah ini mengajarkan tentang bagaimana suatu corporate dapat menjaga dan mengembangkan semua knowledge yang telah dimilikinya.

Knowledge dalam corporate tersebut termasuk

a. Individual Knowledge = merupakan pengalaman ataupun aktivitas kerja suatu individu dalam perusahaan.

b. Data yang dimiliki oleh perusahaan = semua data-data baik data tentang customer, data penjualan, dan lain-lain merupakan data yang penting bagi perusahaan dan dapat menghasilkan suatu knowledge bagi perusahaan.
Bisnis proses Corporate sangat tergantung dari kedua knowledge diatas, maka harus ada mekanisme untuk dapat menjaga knowledge tersebut dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang berguna.

Contohnya :

Dalam hal individual knowledge, suatu perusahaan tidak boleh terlalu bergantung dengan suatu orang. Hendaknya knowledge yang dimiliki oleh orang tersebut dapat disimpan untuk dapat dipelajari kembali oleh penggantinya dalam waktu yang singkat.

Dalam hal data, perusahaan harus menjaga data yang dimilikinya. Data mengenai penjualan dapat dikembangkan untuk dijadikan data variable dalam menentukan ketertarikan customer mengenai suatu produk.

So, Knowledge Management is how we handle the knowledge to make values to the company.

This entry was posted in Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *